Pendidikan Agama Islam Berwawasan Multikultural

PENULIS : ADE DASMANA

ISBN: 978-623-93808-2-3
Cetakan 1, 8 April 2021

Bangsa dan masyarakat Indonesia merupakan warga dan bangsa yang multi etnis, multi ras, multi adat dan multi agama, namun demikian merupakan satu kesatuan yang berjuang menegakkan NKRI, bertahan dalam integritas bangsa dan warga Indonesia, menjunjung persatuan bangsa. Karena pengalaman yang mencekam, pengawalan dan otoritas yang khas dan ketat, sistem kekuasaan yang sentralitas, bangsa ini seakan kehilangan kemampuan untuk melakukan “the best of problem solving” terkait masalah multi etnis, multi agama dan budaya.

Masyarakat Indonesia kehilangan kecerdasan dan kebijakannya tatkala dihadapkan pada masalah “keberagaman” , sehingga jalan perdamaian kadang tidak dijadikan solusi. Pendidikan multikultural merupakan wacana yang relatif baru di Indonesia, terlebih bagi pendidikan Islam di Indonesia, tapi sesungguhnya nilai-nilai pendidikan multikultural sudah menjadi wawasan dan kebiasaan bagi masyarakat Indonesia.

Akar filosofis pendidikan multikultural di Indonesia tercover dalam semboyan negara “Bhinneka Tunggal Ika”, implisit dalam Undang-undang No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional bahkan telah diajarkan terlebih dahulu dalam ajaran Alloh SWT melalui Al-Quran dan ajaran Nabi melalui Sunnahnya. Dengan demikian pendidikan multikultural dapat dijadikan alternatif solusi untuk menjadi terapi bagi ketidakkompakan bangsa Indonesia menghadapi masalah bangsa ini secara bersama-sama, sehungga derap langkah kita semakin mantap menuju aktualisasi jati diri bangsa yang lebih merdeka cerdas dan bijak.

Pendidikan multikultural dapat diimplementasikan pada pendidikan di Indonesia, baik jalur pendidikan formal, informal maupun non formal. Pendidikan multikultural dapat diimplementasikan melalui integrasi materi kurikulum, yang relevan, pendekatan, metode dan model pembelajaran yang mengedepankan paradigma keterbukaan, kebersamaan, toleransi dan saling menghormati berbagai perbedaan dan keragaman yang ada sebagai satu sunnatullah yang mesti berjalan.

Konsep, Prinsip dan Implementasi Pendidikan Multikultural tidak Hanya sebuah Wacana tapi harus membumi betapa Indahnya Kebersamaan dalam nuansa Keberagaman, dibingkai dengan esensi Silaturahmi.

DAFTAR BAB :
BAB I PENDIDIKAN MULTIKULTULAR DI INDONESIA
BAB II PENDIDIKAN MULTIKULTURAL  DALAM PERSFEKTIF  ISLAM      
BAB III MATERI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERWAWASAN MULTIKULTURAL
BAB IV MODEL PENGEMBANGAN PAI DALAM PRESFEKTIF MULTIKULTURAL   
BAB V PENANAMAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL  MELALUI MAPEL PAI    
BAB VI STRATEGI PEMBELAJARAN  PENDIDIKAN AGAMA  ISLAM           

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web Anda dengan WordPress.com
Mulai
%d blogger menyukai ini: